Dangdut Yang Kehilangan Nilai Keartistikan-nya

Dangdut?,tentu setiap orang di Indonesia tahu jenis musik yang satu ini, di zaman saya masih kanak - kanak sekitar tahun 90-an, dangdut sangat populer. Musik yang diputar di radio di dominasi musik dangdut. Bisa dibilang tahun - tahun tersebut merupakan era ke-emasan musik dangdut di tanah air. Namun di era millenium seperti sekarang ini musik dangdut mulai mengalami kemunduran, musik dangdut mulai tergeser oleh musik - musik genre pop, rock, jazz yang notabene aliran musik yang berasal dari barat.

Kali ini saya akan mencoba mengangkat topik "musik dangdut yang kehilangan nilai ke-artistikan-nya", mengapa dikatakan demikian, apabila kita compare musik dangdut yang banyak muncul di era millenium ini dengan musik dangdut di masa saya kecil dulu sangat jauh berbeda. Jika dilihat dari lirik, lirik lagu dangdut masa kini terkesan "ceplas - ceplos" dalam artian kaedah puitis-nya sangat kurang diperhatikan, coba bandingkan lirik lagu berikut ini :



Judul : Selamat Malam

Selamat Malam Duhai Kekasih
Sebutlah Namaku
Menjelang Tidurmu
Bawalah Aku
Dalam Mimpi Yang Indah
Di Malam Yang Dingin
Sesunyi Ini

Selamat Malam Duhai Kekasih
aku Sebut Namamu
Menjelang Tidurku
Agar Kau Hadir
Dalam Mimpi Indahku
Di Peraduan Yang
Sepi Ini

Reff :

Gelisah Hatiku
Karena Kau Jauh Dariku
Tak Lelap Tidurku
Karena Terbalut Rindu
Adakah Rindu
Di Dalam Hatimu
Seperti Diriku
Merindukanmu

Oh… Sepi
Judul : SMS

Bang SMS siapa ini bang
Bang pesannya pake sayang sayang
Bang nampaknya dari pacar abang
Bang hati ini mulai tak tenang

Bang tolong jawab tanyaku Abang
Bang nanti HP ini ku buang
Bang ayo dong jujur saja abang
Bang, kalau masih sayang

Kalau Bersilat lidah, memang Abang rajanya
Tlah nyata Abang salah masih saja berkilah

Orang salah kirimlah
Orang iseng-iseng lah
Orang salah kirimlah
Orang iseng-iseng lah

Mulai dari sekarang HP aku yang pegang

Lagu selamat malam merupakan lagu yang sudah ada ketika saya kecil dulu dan lagu SMS  merupakan lagu yang muncul di era millenium/ masa kini, kedua - duanya sangat populer  namun dari kedua lagu tersebut dapat terlihat lirik yang mengandung nilai puitis yang indah ketika di baca yakni lirik lagu selamat malam, dari musiknya saja, lebih enak dikuping ketika mendengarkan lagu selamat malam, namun bukan berarti lagu SMS jelek, kita lihat kembali kepada esensi yang dibahas pada artikel ini yakni nilai artistik/puitis dari musik dangdut yang mulai mengalami kemunduran. Sebenarnya masih banyak lagu - lagu yang bisa kita compare lagi namun saya kurang hafal judul - judul lagu dangdut, jadi sulit mencarinya, bahkan di google sekalipun.


Yang saya jelaskan diatas tadi baru poin pertama, poin yang lainnya adalah kecenderungan para penyanyi dangdut menyanyikan kembali/ mendaur ulang lagu - lagu pop, rock bahkan jazz dan dinyanyikan ala dangdut, itu sebabnya banyak opini bahwa musik dangdut adalah musik plagiat (peniru/contek-red) selain itu penampilan pada saat dipanggung (performing act) pedangdut masa lalu dan masa kini sangat jauh berbeda, goyangan dangdut masa kini banyak yang menjurus ke arah porno aksi sehingga men-citrakan musik dangdut sebagai genre musik yang selalu berkonotasi dengan goyangan erotis.

Jujur, saya bukan penggemar musik dangdut namun saya sangat prihatin terhadap kemunduran musik dangdut saat ini, jangan sampai musik dangdut di klaim oleh negara lain hanya karna kita kurang memperhatikannya.

3 comments:

  1. Hmmm, sama ni bro...
    Gue juga gak suka ama musik dangdut, hehehhe....

    Musik dangdut sepertinya udah mulai mengalami degradasi ditengah persaingan industri musik Pop :D

    ReplyDelete
  2. @zippy, yup apalagi kalo liriknya udah gak jelas aduh pusing deh gw dengernya,hehehe...

    ya, mulai ter-eliminasi, kita perlu hati2 juga, mungkin saja suatu saat karena gak ada yg peduli dg musik dangdut, eh ntr malah d kalim lg,hehehe....setelah d klaim baru ribut2nya keluar,he...

    ReplyDelete

|Mohon Diperhatikan Rulenya|

Dimohon agar tidak menyertakan link pada isian komentar yang rekan sekalian tulis, karena akan dianggap spam & dengan berat hati saya hapus. Sudah disediakan pilihan identitas name/url untuk menuju ke blog anda, mohon gunakan sebaik mungkin :)

Powered by Blogger.