Fenomena Mudik, Lebaran dan SMS Lebaran Yang Sudah Menjadi Budaya Tersendiri

Mudik, lebaran dan SMS lebaran, merupakan sebuah fenomena tahunan yang kini sudah menjadi budaya yang mengakar di kehidupan masyarakat Indonesia. Fenomena mudik sudah barang tentu banyak dilakukan oleh dominan masyarakat kita menjelang atau sesudah hari raya tiba.

Bagi masyarakat perantau, pulang kampung menjadi kewajiban karena untuk ajang temu kangen dan silaturahmi bersama keluarga besar. Fenomena mudik ini mungkin saja hanya bisa ditemukan di Indonesia jikalau ada di negara Islam yang lain mungkin tak se-fenomenal di Indonesia. Bayangkan saja ketika waktu hari raya (lebaran-red) sudah dekat, gelombang arus mudik sangat padat, hampir disetiap pelosok daerah jika waktu mudik tiba mengalami kemacetan lalu lintas. Namun bagi Masyarakat Indonesia hal tersebut bukanlah hambatan yang sangat berarti karena niat yang sudah kukuh dalam hati untuk bertemu sanak saudara.

Lebaran, merupakan sebuah kegiatan penting dan sakral bagi umat Islam yang telah menjalankan ibadah puasa penuh selama satu bulan dan bisa dibilang sebuah kewajiban, namun mengapa pandangan saya mengatakan jika lebaran sudah menjadi budaya di kalangan masyarakat Indonesia, hal tersebut dapat terlihat ketika kita melihat esensi dari lebaran itu sendiri,saya pernah melihat tayangan televisi semacam acara rohani islam, dalam acara tersebut sang narasumber mengatakan bahwa Idul fitri/Lebaran sebenarnya hari atau kegiatan yang dilaksanakan khusus bagi umat islam yang menjalankan ibadah puasa dengan "khusyuk", saya kurang memahami jelas arti dari khusyuk dalam pembicaraan tersebut namun saya menyimpulkan bahwa khusyuk tersebut maksudnya orang - orang yang menjalankan ibadah puasa dengan serius. Hal yang sulit bagi kita apabila ketika Lebaran tiba kita harus membeda - bedakan mana orang yang khusyuk dalam menjalankan puasa mana yang tidak dan untuk memperingatkan agar setiap orang menyadari dirinya sendiri tentulah sangat sulit karena Lebaran sudah menjadi budaya di kalangan masyarakat Indonesia, jadi setiap kalangan mau itu yang guru, penjahat, copet, mahasiswa dan lainnya pasti tumpah ruah merayakan Lebaran.

Untuk SMS lebaran sebenarnya muncul baru - baru ini seiring perkembangan teknologi atau dengan adanya handphone. Akan tetapi sekarang ini SMS lebaran terus berkembang dan sudah menjadi budaya tersendiri ketika Lebaran tiba, tak hanya pada saat lebaran saja sebenarnya, di hari - hari besar lain pun SMS yang mengungkapkan kesan/pesan atau ucapan yang menggambarkan hari besar tersebut sudah sering terjadi. Tentunya hal ini bukanlah merupakan sebuah masalah atau gangguan karena dengan SMS Lebaran untuk berkomunikasi dengan keluarga yang tak terjangkau atau dengan sahabat - sahabat lebih mudah dilakukan ketimbang ketika masih zamannya mengirim lewat kartu ucapan (post card).

Sekarang kita kesampingkan dulu artikel yang saya tulis ini karena pada dasarnya tulisan diatas hanya sebuah opini dari saya (penulis). Saat ini penting bagi saya untuk mengucapkan "Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1430 H, Minal Adin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin", semoga di hari yang fitri ini kita selaku umat manusia dapat kembali kepada kesucian yang seutuhnya, amin...!


2 comments:

  1. Ia sob, bener banget...
    SMS memudahkan kita untuk berkomunikasi...
    Gak ada lagi yang namanya nerima kartu ucapan pak pos telat hingga lewat 1 bulan...
    Lebarannya kapan, eh..kartu ucapannya kapan datang, wkwkwkw...

    Met lebaran :)

    ReplyDelete
  2. sipp betul bro....

    oh iya met lebaran juga sobat :)

    ReplyDelete

|Mohon Diperhatikan Rulenya|

Dimohon agar tidak menyertakan link pada isian komentar yang rekan sekalian tulis, karena akan dianggap spam & dengan berat hati saya hapus. Sudah disediakan pilihan identitas name/url untuk menuju ke blog anda, mohon gunakan sebaik mungkin :)

Powered by Blogger.