Join Bisnis MLM (Multi Level Marketing), why not?


Multi Level Marketing, hmmmm....mungkin bagi sebagian orang, baru mendengar namanya saja sudah bisa membuat alergi atau emosi mendadak. Yup, karena memang citra MLM di Indonesia masih abu - abu alias pro-kontra dan saya pun mengakui akan hal itu, namun tidak adil apabila MLM dilihat dari sisi negatifnya saja, karena pada dasarnya yang membuat citra MLM negatif adalah "oknum" yang join di MLM yang hanya memikirkan/berorientasi pada profit semata (memperkaya diri sendiri), jadi apapun akan dilakukan demi profit yang besar yang akan didapatkan dibisnis MLM. Terkadang apa yang disampaikan "oknum" yang menawarkan MLM kepada orang lain tidak sesuai dengan fakta, nah yang begitu tuh yang salah. Saya bukannya mau sok benar tapi sekedar sharing saja mengenai apa yang saya alami selama mengikuti bisnis MLM, ternyata join dibisnis sejenis networking/MLM banyak hal positifnya juga yang didapat (selain profit).

Kebetulan saya belum lama - lama amat join dibisnis MLM, saya diajak untuk bergabung oleh teman dekat saya, nama bisnisnya Aliansinet (bisnis pulsa). Ketika ditawarkan bisnis ini saya tidak langsung deal untuk bergabung, meski yang menawarkan teman dekat namun sayapun perlu waktu untuk meninjau, menimbang, memikirkannya. Hal tersebut sangat penting ketika kita ditawarkan bisnis MLM, kita harus melihat terlebih dahulu, kredibilitas perusahaannya, jenis produk, syarat yang dibebankan, dan cara kerjanya apabila sudah bergabung. 

Jika hati kita merasa yakin barulah putuskan untuk bergabung, apabila belum yakin alangkah lebih baik jangan dulu memutuskan untuk bergabung, pertimbangkan lagi masak - masak dari pada memaksakan kehendak yang belum diyakini maka hasilnya pun tidak akan maksimal. Perlu diperhatikan pula, MLM yang baik itu MLM yang jelas produknya, dan sistemnya yang mudharabah (bagi hasil), apabila teman - teman menemukan MLM yang produknya tidak jelas dan sistemnya piramida (yang join lebih dulu yang paling banyak mendapatkan untung) maka saya sarankan tolak mentah - mentah biasanya jenis seperti itu disebut "Money Game" dan hal yang seperti ini yang sangat merusak citra bisnis networking/MLM.

Yang membuat saya sangat yakin MLM itu bukan hal yang buruk (malah sebaiknya), karena ada banyak pelajaran dan hal - hal yang positif yang didapat oleh saya, antara lain kebersamaan ditambah kepercayaan, dari awal saya bergabung hingga kini saya selalu dibantu, saya dan rekan - rekan bahu membahu saling membantu dan melengkapi apalagi ketika presentasi bisnis MLM kepada prospek, tidak ada yang egois, semua saling memikirkan satu sama lain, "susah sama - sama, senang sama - sama, sukses sama - sama". Pelajaran penting lainnya antara lain tanggung jawab, apabila ada orang lain yang bergabung dengan kita maka secara tidak langsung kita bertanggung jawab untuk membantu orang tersebut sukses, tidak membiarkan begitu saja. Hal yang positif juga ketika kita memiliki jaringan yang luas maka banyak teman baru yang kita kenal dan tentunya tali silaturahmi akan terjalin. Dan masih banyak hal - hal positif lainnya yang sebenarnya tidak saya sadari secara langsung, dan hal tersebut muncul mulai dari hal - hal yang sangat kecil.

Join MLM?,why not?, yup apalagi bagi saya yang masih muda, itung - itung nambah pengalaman dan bisnis MLM pun bisa dijadikan kegiatan sampingan, tanpa meninggalkan aktivitas kuliah dan yang lainnya.

7 comments:

  1. Bener sob...
    Asal Halal, gak ada masalah kok ikutan bisnis MLM :)

    ReplyDelete
  2. DEnagn bisnis MLM, banyak yang kita dapet.
    Gak hanya keuntungan semata, namun pengalaman pun juga kita dapat.
    Kita juga jadi lancar berbicara di depan umum :)
    So, setuju deh,,,
    Ikutan MLM, why not..?? :)

    ReplyDelete
  3. kalo gitu ikutan mlm yang gratisan pasti pada mau... ya gak...?
    ni aq kasi linknya... peace ^_^

    http://mlm-tanpa-modal.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. kalo gitu... ikutan mlm gratisan pasti pada mau... ya gak?
    ni aq kasi linknya... peace ^_^

    http://mlm-tanpa-modal.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. @zippy : yup, betul bgt...

    @the writer : cek TKP..

    ReplyDelete
  6. Menarik nih bahasan soal MLM, kebetulan saya sendiri adalah orang yang berkecimpung langsung dalam dunia MLM, dimana perusahaan MLM yang saya jalani terdaftar langsung di APLI yaitu KK Indonesia. Bener banget, emang gak semua MLM itu mengecewakan atau merugikan orang - orang yang tergabung didalamnya. Namun, memang image MLM di mata masyarakat secara umum sudah "blacklist" karena mungkin pernah mengalami rasa kecewa terhadap bisnis MLM. Saya jujur - jujuran aja, udah pernah ikut salah satu MLM kosmetik dan perusahaan E-commerce, dengan janji jalan keluar negeri atau semacamnyalah. Tapi sampai sekarang gak pernah dapet itu, yang dapet hanya uplinenya. One day, datanglah seseorang yang menawarkan lagi untuk join di KK Indonesia. Ada keraguan sih. Tapi melihat karakter si orang yang nawarin, saya merasa tertarik dan akhirnya join. Dan saya buktikan sendiri bahwa MLM yang satu ini, KK Indonesia, memang beda dari MLM - MLM mengecewakan lainnya. Saya didampingi oleh pelaku pelaku bisnis secara langsung untuk menjual produk dan mencari downline. Dan terbukti berkembang secara karakter dan finansial.

    Regards,
    Follow Me @_LoXa (more info 02194737055)

    ReplyDelete
  7. misi misi gan mau share nih peluang bisnis tiket.
    www.kiostiket.com

    ReplyDelete

|Mohon Diperhatikan Rulenya|

Dimohon agar tidak menyertakan link pada isian komentar yang rekan sekalian tulis, karena akan dianggap spam & dengan berat hati saya hapus. Sudah disediakan pilihan identitas name/url untuk menuju ke blog anda, mohon gunakan sebaik mungkin :)

Powered by Blogger.