Tetap Bugar Meski Bekerja Di Malam Hari

Sekitar awal Februari lalu saya dan karib saya melamar pekerjaan di salah satu perusahaan Konsultan & Audit di Jakarta Pusat. Alhamdulillah lolos dan mulai bekerja minggu depannya, kerjaan saya itu hanya data entry & alih media dokumen tapi waktu bekerjanya diluar kebanyakan orang!?, yups saya dan karib saya mengambil jam kerja shift malam, mulai dari pukul 23.00 WIB s.d 07.00 WIB, keputusan saya mengambil jam malam karena dilandasi dengan status kita (saya dan karib-red) yang masih Mahasiswa dan tingkat akhir pula, maksudnya agar kita nanti bisa urus kuliah di pagi atau siang harinya dan gak bentrok antara jadwal kuliah dengan jadwal kerjaan.

Dari segi waktu sudah gak ada masalah, tapi dari segi yang lain cukup beresiko juga sih atas keputusan yang kita ambil, contohnya dari sisi kesehatan, saya pribadi sangat jarang bekerja larut malam sampai pagi. Sempat terfikir akan berat terutama di awal - awal masuk kerja, dan pada kenyataannya cukup berat ketika awal masuk kerja,hihihihi.... tapi saya gak menyerah gitu saja, saya coba berbagai saran dan metode dari ortu atau teman yang berpengalaman, sekedar meminta tips agar biarpun kerja malam hari tapi kesehatan tetap terjaga.

Oke deh, saya buat list aja deh ya, tips dari saya buat yang bernasib sama dengan saya. FYI tips ini saya ambil dari beberapa eksperimen yang saya coba lakukan sendiri dan sesuai saran para ahlinya,heheheh... lebay! :p

Sebelum Bekerja : 
  • Sebelum bekerja malam, sempatkan istirahat/tidur sebelumnya, misal : istirahat/tidur siang. Point yang ini sangat krusial dan perlu di utamakan.
  • Jangan melewatkan waktu makan contohnya sarapan dan makan siang. Ibarat mobil, sarapan & makan siang adalah bahan bakarnya.
  • Makan makanan yang bergizi, contoh sayur - sayuran, daging.
  • Konsumsi buah - buahan yang mengandung Vitamin C, misalnya jeruk atau apel, fungsinya biar badan tetap bugar meski bekerja larut malam.
  • (Optional) Selain dengan rajin mengkonsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, kita juga bisa mengkonsumsi suplemen (Vit C & B kompleks, yang disarankan) namun resiko terlalu sering mengkonsumsi suplemen lebih banyak ketimbang mengkonsumsi buah atau sayuran yang alami. So, itu sebuah pilihan namun saran saya apabila kita memilih mengkonsumsi suplemen ketimbang buah - buahan, banyak - banyaklah minum air putih.

Saat Bekerja :
  • Karena kerjaan kita malam hari, jangan lupa bawa sweater, jaket atau mantel untuk perlindungan dari angin malam.
  • Jangan lupa pula membawa, minyak kayu putih atau aromatherapy, untuk jaga - jaga apabila masuk angin.
  • Bawa bekal makanan untuk dikonsumsi pada saat istirahat kerja.
  • Untuk menghindari kantuk, makan buah yang mengandung banyak air seperti jeruk atau apel, atau bisa juga dengan banyak meminum air putih. Tidak disarankan meminum kopi soalnya efek kopi untuk kesehatan sangat tidak baik.

Setelah Bekerja :
  • Pagi harinya, setelah selesai bekerja, usahakan jangan langsung tidur, lakukan kegiatan streching atau minimal sedikit berjemur di matahari pagi. Ini sangat penting untuk menghindari kita dari penyakit lever (kata ortu sih gitu)
  • Pulang kerja jangan langsung mandi kalau sekedar untuk gosok gigi dan cuci muka sih gak apa - apa, soalnya kata orang tua (lagi), katanya takut masuk angin atau kena "angin duduk", soalnya ada juga loh yang meninggal karena angin duduk, Wallahualam... Mandi pada siang hari atau sore.
  • Tidur cukup 6 - 8 Jam diusahakan jangan berlebihan soalnya kelebihan jam tidur kadang sering bikin lemas dan pusing. Kalau saya pribadi selalu bangun di waktu sholat, selain  kewajiban sebagai ummat Muslim yang taat beragama (gaya bgt gw) yaaah itung - itung perenggangan dulu sebelum dilanjut tidur lagi.

Nah, tips yang diatas tadi adalah kegiatan yang rutin saya kerjakan sekarang ini, Alhamdulillah so far badan saya tetap fit. Tapi semua kembali kepada keyakinan masing - masing, mau menganggap tips saya salah atau mengada - ada pun tak masalah bagi saya, toh disini saya cuma mau bebagi saja.

Ok deh cukup sekian dulu ya, saya mau lanjut tidur nih!, hehehe...

15 comments:

  1. mang mas kerja dimana mas skarang..?
    hehehe...Btw ajarin w buat blog kaya gni...please

    ReplyDelete
  2. terima kasih gan..atas postingannya, salam kenal.

    ReplyDelete
  3. AnonymousJuly 07, 2013

    Salam.. saya mahasiswa sedang mencari pekerjaan spt Anda.. apakah boleh dishare d mana Anda bkerja?Trima kasih..

    ReplyDelete
  4. terima kasih tips nya, sangat bermanfaat saat saya bekerja di tengah malam..
    :D

    ReplyDelete
  5. waaah yang benar gan ???

    ReplyDelete
  6. terimakasih atas infonya semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Infonya bagus gan, banyak manfaatnya.Terimakasih banyak admin

    ReplyDelete
  8. terimakasih telah berbagi informasi yang menarik dan bermanfaat sekali
    di tunggu informasi selanjutnya, sukses terus

    ReplyDelete
  9. artikelnya bagus gan,
    saya tunggu postingan selanjutnya

    ReplyDelete
  10. Termakasih atas sharingnya gan,memang harus diimbangi dengan istirahat yg cukup agar badan fit saat bekerja.Salam sehat....

    ReplyDelete

|Mohon Diperhatikan Rulenya|

Dimohon agar tidak menyertakan link pada isian komentar yang rekan sekalian tulis, karena akan dianggap spam & dengan berat hati saya hapus. Sudah disediakan pilihan identitas name/url untuk menuju ke blog anda, mohon gunakan sebaik mungkin :)

Powered by Blogger.