Icip-Icip Sotoji (Soto Jamur Instan)

icip-icip sotoji

Perkenalan pertama saya dengan Sotoji dimulai sekitar seminggu yang lalu, ketika itu salah satu teman di twitter yang juga blogger @adiitoo, memberikan informasi mengenai Sotoji, ternyata ada event lomba blog dari Sotoji yang bekerja sama dengan Komunitas Blogger Depok. Materi lombanya cukup menarik, kita cukup mereview produk dari Sotoji, nah enaknya lagi dari pihak Sotoji/Panitia memberikan sample produk Sotoji secara cuma-cuma sebagai bahan review.

By the way, mungkin teman-teman ada yang bertanya-tanya, apa sih Sotoji?, Sotoji merupakan akronim dari Soto Jamur Instan, sebuah inovasi baru soto dalam kemasan instan layaknya produk-produk mie instan yang sudah ada, tapi saya tegaskan disini, ini bukan mie/sohun instan tapi ini adalah soto instan. Sesuai dengan namanya, yang menjadi ciri khas pada produk ini ada pada jamur tiramnya, jarang-jarang kan ada soto jamur, yang saya tau kebanyakan soto menggunakan daging ayam atau sapi sebagai bahan utamanya.

Sotoji, soto jamur lezat tinggi kandungan serat & protein nabati. Sangat cocok disajikan sebagai pendamping nasi. [sotoji.com]

Hari rabu yang lalu tanggal 22 Februari 2012 kiriman free sample produk tiba dirumah, karena penasaran dengan rasanya, maka langsung saya masak hari itu juga. Percobaan pertama, saya memasak Sotoji polos alias tanpa tambahan makanan apapun (misal, ditambah telur, nasi, kerupuk dll). Kesan pertama setelah mencicipi Sotoji, bagi saya rasanya enak, takaran bumbunya pas, ya not bad untuk ukuran produk baru, tapi yang paling berkesan adalah ketika melahap jamur tiramnya yang cukup banyak, kebetulan saya hobi makan (hampir) segala jenis sayuran, jadi Sotoji sangat pas buat saya.

Sekilas tentang jamur tiram, ternyata jamur tiram memiliki beberapa khasiat bagi kesehatan, antara lain dapat menurunkan kolesterol, sebagai antibakterial dan antitumor, serta dapat menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi. Selain itu, jamur tiram juga dapat berguna dalam membunuh nematode. So, bagi saya produk Sotoji meski instan namun kandungan gizi yang terkandungnya cukup baik untuk kesehatan. 

icip-icip sotoji
Cara Memasak Sotoji & Informasi Nilai Gizi

Saran/Kritik 

Overall, produk Sotoji saya beri bintang 8 dari 10. Dari segi kemasan cukup menarik dan beda, atau dengan kata lain punya ciri khas, dari segi rasa dan kandungan gizi juga baik. Namun ada beberapa masukan dari saya, antara lain : 

  • penambahan bawang goreng, gak adanya bawang goreng dalam paket kemasan jadi berasa ada yang kurang.
  • perkuat ciri khas, ciri khas Sotoji harus diperkuat lagi terutama dari segi rasa, jangan sampai mirip dengan rasa mie instan, jangan sampai orang beranggapan bahwa Sotoji adalah mie/sohun instan rasa soto.
  • variasi jenis & rasa, karena saya cukup tertarik dengan produk Sotoji, semoga kelak produsen Sotoji mengembangkan jenis dan variasi rasa dari produknya, misalnya saja nanti akan diproduksi Sotoji bumbu kuning, atau Sotoji mie kuning rasa babat, dan sebagainya.
  • penjualan/pemasaran, semoga produk Sotoji dalam waktu dekat sudah beredar luas di mini market/swalayan di seluruh Indonesia, namun sepertinya sebagian besar orang yang tau Sotoji adalah orang yang melek internet soalnya media promosi & penjualannya masih via on-line (setahu saya). Semoga media promosinya diperbanyak lagi sehingga orang jadi banyak yang tau dan Sotoji bisa segera beredar di pasaran.

Oh ya, sebelum saya tutup, ceritanya tadi petang saya masak lagi Sotojinya, tapi kali ini saya modifikasi dengan cara saya :-D Namanya Sotoji Kuah Cabe, bahannya sangat simple, antara lain satu bungkus Sotoji, bawang goreng, telur rebus, jeruk nipis, cabe rawit 5-6 buah dan tomat. Sebenernya inti dari masakan yang saya buat ada pada kuah cabenya, cara buatnya gampang, tinggal rebus cabe rawit sampai layu, kemudian ulek kasar, campur dengan bumbu, terakhir tambahkan air panas secukupnya, jadi deh kuah cabenya \(^,^)/

icip-icip sotoji

Setelah kuah cabe jadi, tinggal masukan sohun yang telah direbus, lalu tambahkan pelengkap lainnya, seperti telur rebus, jamur tiram, bawang goreng, jeruk nipis, tomat dan cabai. Buat saya rasanya maknyossss :-D asem pedas, seger!.

icip-icip sotoji

-SEKIAN-


Referensi materi & gambar :

24 comments:

  1. Woi itu enak woiiii.

    Kiriman ku belum sampai. Hehehe ... Belum bisa review

    ReplyDelete
  2. hahahaha... ia bro enak...

    koq blm nyampe?, emang mintanya kapan?

    ReplyDelete
  3. muantapppp.....

    iya bawang gorengnya kurang.

    gud luck ya

    ReplyDelete
  4. @selvi : ia, padahal bawang goreng penting juga kalo menurut saya...

    yup makasih ya :)

    ReplyDelete
  5. mantap sekali sotojinya...
    kunjungan sesama peserta,hehehe

    kunjungan pertama
    salam kenal dan follow balik juga
    Revolusi Galau

    ReplyDelete
  6. mau dong sekali2 di traktir sotoji hehehe..

    ReplyDelete
  7. waaa lengkap bgt ya review.annya.. moga kita beruntung
    amiin

    hehehe :)
    SOTOJI emang nikmat :D

    ReplyDelete
  8. Kayaknya enak tuh. masih ada? :D

    ReplyDelete
  9. your post is nice.. :)
    keep share yaa, ^^
    di tunggu postingan-postingan yang lainnya..

    jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
    terima kasih.. :)

    ReplyDelete
  10. hihihi sama aku juga abis bikin postingan sotoji :D

    ReplyDelete
  11. Wah, ga kepikiran ampe nambahin cabe dari luar pas nyobain. Asli, selain bawang gorengnya, cabe nya juga kurang (mungkin identik ama makanan instan yang segala nya minim kali ya).

    ReplyDelete
  12. wihiiii... enak banget kayaknya.. :3

    ReplyDelete
  13. Saya barusan nyobain mas :D
    Buat saya sih rasanya pas, tapi emang kurang bawang gorengnya :D
    Produknya pun masih terbatas ya, belum dipasarkan secara luas :(

    ReplyDelete
  14. berbagi Kata Kata Motivasi
    Doaku hari ini: Tuhan, tetapkan aku dalam keimanan yang kokoh, datangkanlah kebaikan dan jauhkanlah segala keburukan.
    semoga bermanfaat dapat di terima dan salam kenal ku tunggu kunjungan baliknya :D

    ReplyDelete
  15. nice post :)
    boleh ni kapan" dicoba
    ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

    ReplyDelete
  16. Perlu dicoba nih. Tapi kok aku belum pernah liat di sini ya? Apa masih di Jabodetabek aja?

    ReplyDelete
  17. waaah kayaknya enak banget tuh gan...
    mau dong nyoba ckckck
    salam kenal yah ;)

    ReplyDelete

|Mohon Diperhatikan Rulenya|

Dimohon agar tidak menyertakan link pada isian komentar yang rekan sekalian tulis, karena akan dianggap spam & dengan berat hati saya hapus. Sudah disediakan pilihan identitas name/url untuk menuju ke blog anda, mohon gunakan sebaik mungkin :)

Powered by Blogger.