Jakarta's Hidden Paradise


Mendengar nama kota Jakarta, hal yang terbesit dibenak adalah glamor, kemacetan, banjir, panas, sumpek, kumuh dan sebagainya. Jakarta yang tempo doeloe katanya indah, kini semakin padat dengan banyaknya para pendatang yang bermukim di Ibu Kota tercinta. Surga tersembunyi di Jakarta?, It's true. Saya berani berkata seperti itu karena memang benar adanya. Surga tersebut berada di lepas pantai arah utara Jakarta, tepatnya di Kepulauan Seribu. Kondisi alamnya sangat kontras apabila dibandingkan dengan suasana pusat kota Jakarta.

Jakarta memiliki potensi wisata alam yang patut kita jaga dan nikmati bersama, Kepulauan Seribu, The Hidden Paradise. Surga bagi para pekerja yang jenuh akan hiruk pikuk suasana perkotaan. Surga bagi para keluarga yang mendambakan berlibur di sebuah pulau di tengah lautan yang masih terjaga keindahannya.


Setelah menanti sekian lama, saya memiliki kesempatan juga untuk berkunjung ke Kepulauan Seribu. Karna ini kunjungan pertama, banyak yang menyarankan Pulau Tidung. Dan berlayarlah saya ke Pulau Tidung dengan menggunakan angkutan kapal kayu tradisional. Berangkat dari Muara Angke sekitar pukul 07.30, tiba di Dermaga Pulau Tidung 10.45. Kapal yang saya tumpangi dan semua kapal yang berangkat saat itu, sangat penuh dengan para wisatawan yang menuju Pulau Tidung dan pulau-pulau lainnya. Karena memang pada saat itu ada waktu libur yang cukup panjang bagi para pekerja menjelang Idul Adha.

Sesuai dengan planning, saya akan berada di Pulau Tidung selama 2 hari 1 malam. Jadi, semua kegiatan dipadatkan dihari pertama saya tiba. Untuk akomodasi dan lainnya mulai dari keberangkatan, penginapan sampai dengan pulang, saya menggunakan jasa travel yang sudah di booking dari jauh hari.


Banyak kegiatan yang menarik yang bisa dilakukan di Pulau Tidung antara lain snorkeling, banana boat, kayak, hunting foto sunset dan sunrise, bersepeda, bakar ikan, dan lainnya. Ke Pulau Tidung belum lengkap rasanya apabila tidak mengunjungi Jembatan Cinta, jembatan panjang yang menghubungkan dua pulau yang menjadi icon pulau tersebut.


Diakhir perjalanan, ketika kami hendak pulang. Cuaca ternyata sedang buruk, gelombang sedang tinggi. Saya harus menunggu sekitar 1-2 jam sampai kapal benar-benar berangkat. Kapal yang saya tumpangi lebih kecil dari kapal pada saat keberangkatan, kapal kecil tersebut sepertinya dari Dishub yang melayani rute Tidung - Kali Adem. 

Pengalaman saat perjalanan pulang adalah pengalaman pertama saya berada di tengah-tengah gelombang tinggi, terombang ambing melawan arus gelombang yang tingginya kira-kira mencapai 2-3 meter, sangat menakutkan. Sepanjang perjalanan cuma bisa berdoa, saking tegangnya sampai-sampai pucat dan terus mengeluarkan keringat :-D

Plus-minus Pulau Tidung dalam kacamata saya : 
[+] Fasilitas di Pulau Tidung cukup lengkap, listrik 24 jam, penginapan, puskesmas, tempat makan/jajanan, masjid besar dan lain-lain, jadi Pulau Tidung sangat cocok bagi rombongan keluarga.

[-] Karena Tidung merupakan salah satu destinasi favorit dan paling dikenal diantara gugusan pulau yang lain. Otomatis banyak yang berkunjung, dan point utama yang jadi masalah adalah sampah. Sangat disayangkan melihat dibeberapa bagian sudut Pulau Tidung banyak sampah berserakan. Jadi buat rekan-rekan yang akan berkunjung kesana, please jangan buang sampah disembarang tempat.


Pulau Tidung
Estimasi total biaya/orang
Rp.300.000 - Rp.450.000 
(bergantung paket dari jasa travel)


View Pulau Tidung in a larger map

13 comments:

  1. terimakasih atas informasinya,,,
    ijin share ya... :)

    ReplyDelete
  2. info nya menarik
    dan sangat bermanfaat
    terimakasih atas info nya

    ReplyDelete
  3. terimakash banyak atas informasi yang sangat bermanfaat dan menarik untuk di baca
    senang bisa berkunjung ke blog anda
    di tunggu info selanjutnya

    ReplyDelete
  4. thanks gan infonya menarik dan bermanfaat sekali
    update terus info menarik lainnya semoga sukses terus
    keren artikelnya jadii seneng baca nya

    ReplyDelete
  5. nice post
    artikelnya menarik dan bermanfaat
    terimakasih banyak

    ReplyDelete
  6. artikelnya keren
    menarik untuk di baca
    terimakasih banyak

    ReplyDelete
  7. saya suka dengan info info
    yang agan share

    ReplyDelete
  8. thanks nih ya buat infonya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  9. banyak artikel yang bagus di blog ini
    terimakasih gan

    ReplyDelete
  10. Jujur saja sepengetahuan saya mendengar nama Jakarta yang ada dibenak pikiran hanyalah kota metropolitan, tapi dari informasi di blog agan ini mengenai Jakarta Hidden Paradise sangat bagus sekali.. Saya pikir mungkin yang memiliki tempat wisata pantai hanyalah di beberapa wilayah Indonesia saja, tidak dengan Kota Jakarta yang penuh dengan gedung - gedung tinggi...
    Jadi pingin coba jalan - jalan ke Pulau Tidung nih gan, sehabis baca informasi di blog ini..
    Terima kasih gan informasinya..

    ReplyDelete

|Mohon Diperhatikan Rulenya|

Dimohon agar tidak menyertakan link pada isian komentar yang rekan sekalian tulis, karena akan dianggap spam & dengan berat hati saya hapus. Sudah disediakan pilihan identitas name/url untuk menuju ke blog anda, mohon gunakan sebaik mungkin :)

Powered by Blogger.