Transfer Foto Otomatis Dari Kamera Sony RX100 IV ke Iphone


Zaman semakin hari semakin maju dengan banyaknya terobosan-terobosan dibidang teknologi dan sains. Salah satu yang akan saya bahas kali ini yakni tentang konektifitas nirkabel dari kamera Sony RX100 Mark IV yang sangat membantu kita dalam mentransfer foto dari kamera ke smartphone sesaat setelah tombol off (mati) ditekan. Dahulu sekali, jika saya ingin transfer hasil foto dari kamera ke ponsel maka saya mesti membukanya via Laptop atau PC dan menghubungkannya dengan USB kabel. Nah sekarang sudah banyak kamera yang memberikan kemudahan dalam mentransfer hasil foto, bahkan ada beberapa yang bisa langsung share foto kita ke media sosial melalui kamera tersebut.

Bagaimana cara mengatur perangkat kamera Sony DSCRX100 Mark IV supaya hasil foto yang kita buat dapat ditransfer otomatis ke Iphone anda?, berikut langkah-langkahnya.

#Langkah 1. Download aplikasi Play Memories buatan Sony Corporation di Appstore.


#Langkah 2. Masih di perangkat Iphone, buka setting dan nyalakan personal hotspot (Turn on Wifi & Bluetooth)

#Langkah 3. Nyalakan kamera, tekan menu kemudian pilih Access Point Set pada tab ke tiga dari gambar yang berbentuk seperti sinyal. Tunggu kamera searching Wifi yang tersedia dari Iphone anda.


#Step 4. Sets the access point to connect to, maka pilih Wifi dari Iphone yang telah dinyalakan sebelumnya. Kemudian dipengaturan berikutnya tinggal klik OK. Jika berhasil maka akan ada tanda ceklis dan logo mahkota di daftar Wifi Iphone pada kamera.



#Langkah 5. Masih pada kamera, kembali ke menu utama pilih Application list kemudian buka aplikasi Sync to Smartphone (jika belum ada pada kamera, aplikasi Sync to Smartphone bisa diunduh langsung dari kamera, pilih Application - PlayMemories Camera Apps - pilih Sync to Smartphone, unduh).



#Langkah 6. Setelah Sync to Smartphone dibuka, klik auto transfer kemudian nanti akan keluar pemberitahuan bahwa auto transfer diaktifkan, foto akan ditransfer ke Iphone ketika kamera dimatikan, pilih OK.



Selamat, kini kamera dan smartphone anda sudah terhubung, tapi belum benar-benar terhubung sih sebenarnya, karena untuk menguji apakah settingannya berhasil, lakukan lagi langkah berikut ini :

#Langkah 7. Matikan personal hotspot pada Iphone.

#Langkah 8. Ambil foto menggunakan kamera kemudian matikan kamera dengan menekan tombol off. Dilayar kamera akan ada peringatan connecting ke smartphone via Wifi dan akan ada penjelasan nama wifi kamera anda beserta passwordnya.


#Langkah 9. Hubungkan Iphone dengan Wifi Kamera. Pada iphone, buka setting pilih Wifi, nyalakan Wifi pada iphone tunggu sampai searching Wifi kamera ditemukan dalam daftar, kemudian pilih dan input password sesuai dengan yang diinformasikan pada layar kamera sebelumnya setelah itu tap join. Kini Iphone kamu sudah benar-benar terhubung.


#Langkah 10. Buka aplikasi Play Memories pada Iphone, kemudian foto akan ditransfer ke Iphone anda secara otomatis.


Untuk transfer foto yang selanjutnya, anda tidak perlu melakukan settingan lagi seperti yang saya jelaskan diatas. Nantinya anda cukup mengaktifkan Wifi di Iphone anda kemudian buka aplikasi Play Memories, maka foto akan masuk ke galeri foto di Iphone anda.

Selamat mencoba!

8 comments:

  1. Enak ya kalau gini, jadinya bisa langsung post foto di socmed ya, enggak usah repot pindah-pindahin dulu data.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, ga usah ribet buka laptop dulu :D

      Delete
  2. Keren nih, sekarang kita udah memasuki zaman yang serba canggih, cepat dan gak ribet.

    ReplyDelete
  3. Duh jadi pengen kamera yang ada wifi nya, biar cepat diupload tanpa perlu kabel data dulu

    ReplyDelete
  4. Keren teknologinya udah canggih sekrang, 10 tahun yg lalu masih pakai inframerah kalau mau transfer data,hihi

    ReplyDelete

|Mohon Diperhatikan Rulenya|

Dimohon agar tidak menyertakan link pada isian komentar yang rekan sekalian tulis, karena akan dianggap spam & dengan berat hati saya hapus. Sudah disediakan pilihan identitas name/url untuk menuju ke blog anda, mohon gunakan sebaik mungkin :)

Powered by Blogger.