Curug Cigamea : Curug Paling Populer di Kabupaten Bogor Bagian Barat


Dari puluhan curug atau air terjun yang terdapat di Kawasan Wisata Gunung Salak Endah, Curug Cigamea merupakan destinasi curug yang cukup populer di Kawasan Bogor. Cigamea masih menjadi salah satu destinasi favorit bagi pelancong yang ingin melihat keindahan air terjun dan menjadi icon dari semua curug yang berada di Kawasan Gunung Salak Endah. 

Karena paling populer dan banyak dikunjungi wisatawan, infrastruktur menuju kawasan air terjun juga semakin hari semakin dibenahi. Contohnya, akses jalan yang sudah rapih dan jauh lebih aman dari tahun-tahun sebelumnya, selain itu sudah banyak fasilitas warung makan, fish spa dan tempat penginapan murah di dalam lokasi yang sangat cocok bagi anda yang gemar backpacker.

Pemandangan Didekat Pintu Masuk. Doc Pribadi.
Dicurug cigamea memiliki dua aliran jeram, yang besar/deras dan yang kecil/dangkal. Di area tersebut juga terdapat penjaga yang akan menegur kita apabila kita mencapai area yang berbahaya. Dulunya sih nggak ada penjaga yang seperti ini, hanya saja dulu pernah ada kejadian orang tenggelam karena berenang ke tengah-tengah arus jeramnya. Makanya sekarang hampir disetiap curug yang berada di Kawasan Wisata tersebut ditempatkan minimal satu penjaga yang memantau gerak gerik wisatawan, selain itu di setiap tepian kolam air terjunnya sudah dipasangi tali pembatas yang menurut saya sangat mengganggu buat objek foto.

Rute menuju kawasan wisata air terjun ini cukup mudah, sama hal nya ketika saya menjelaskan bagaimana menuju ke Curug Jatake, karena bisa dibilang masih searah, hanya saja nanti anda perlu mencari pertigaan cikampak atau pertigaan cibatok. Jadi, seperti ini rutenya :
  1. Dari terminal bubulak berkendara ke arah Leuwiliang (tidak menuju Leuwiliang-nya) sekitar 8-12 KM patokan yang akan dilalui pertama Kampus IPB Dramaga lalu Pom Bensin Cibanteng, Kecamatan Ciampea dan nanti ada Pertigaan Cikampak disebelah kiri, belok ke Pertigaan Cikampak dan anda tinggal berkendara "lurus" ke atas mengikuti jalan utama nanti tibalah dipintu gerbang.
  2. Rute nya sama seperti yang pertama hanya beda pertigaannya saja, jadi ketika anda sudah menemukan pertigaan cikampak, jangan belok ke pertigaan tersebut lanjutkan saja ke jalan utama, yang perlu anda cari adalah pertigaan cibatok, nanti anda akan melewati pom bensin cibadak, pom bensin leuweung kolot, gardu cherry (Curug Jatake) lalu pertigaan Cibatok. Dari pertigaan tinggal naik ke atas.
         

Curug Cigamea :
Tiket Masuk Kawasan GSE Rp.12.500,-/orang
Tiket Masuk Curug Cigamea Rp.7.500,-/orang

15 comments:

  1. tempatnya bagus banget ya gan, sama seperti curug yang ada di daerah tegal. kapan2 mau otw ke situ ahh, makasih y gan atas infonya

    ReplyDelete
  2. Wah kayanya bagus bgt tempatnya min..sayang fotonya hanya sikit

    ReplyDelete
  3. Seger dan sejuk banget kayanya harganya terjangkau pula kapan kapan main ke sana nice info gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan bro, byk spot air terjun yg keren disini.

      Delete
  4. Kalau ada waktu dan uang pengen kesana gan

    ReplyDelete
  5. Kayaknya enak bener disitu, bisa buat melepas stess dan beban :D
    Sayang, jaraknya jauh dari rumah saya.

    ReplyDelete
  6. Makasih gan info nya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. kayaknya tempatnya bagus buat destinasi liburan

    ReplyDelete
  8. Kayaknya enak bener disitu, bisa buat melepas stess dan beban :D
    Sayang, jaraknya jauh dari rumah saya.
    Mungkin akhir tahun saya akan ke sana

    ReplyDelete

|Mohon Diperhatikan Rulenya|

Dimohon agar tidak menyertakan link pada isian komentar yang rekan sekalian tulis, karena akan dianggap spam & dengan berat hati saya hapus. Sudah disediakan pilihan identitas name/url untuk menuju ke blog anda, mohon gunakan sebaik mungkin :)

Powered by Blogger.