Curug Jatake : Curug Dataran Rendah di Kawasan Bogor

Curug Jatake. Doc Pribadi.
Curug Jatake yang berlokasi di Kampung Jatake, Desa Cimanggu 1, Kec Cibungbulang, Kab Bogor, merupakan spot curug/air terjun yang masih terbilang cukup baru. Curug jatake merupakan curug dataran rendah, jika biasanya suasana di curug itu adem, nah disini yang saya rasakan lembab-nya luar biasa, panas sepanjang waktu. Perbedaan lain yakni kondisi air nya yang keruh dan sedikit berbau. Kondisi tersebut cukup disayangkan karena banyak sampah berserakan dialiran sungai ini, padahal potensi nya luar biasa apabila spot curug tersebut dirawat dengan baik.

Harapan saya, bagi masyarakat yang tinggal disepanjang aliran sungai yang mengalir ke curug agar selalu diingatkan untuk tidak membuang sampah ke sungai demi menjaga kelestarian lingkungan sekitar termasuk curug jatake yang dilalui sungai tersebut.

Kolam Buatan di Curug Jatake. Doc Pribadi.
Jika sedang beruntung, akan muncul pelangi diantara derasnya jeram air terjun, biasanya pelangi muncul saat matahari terik menyinari tepat dialiran air terjun, maka dari itu masyarakat setempat banyak pula yang menyebutnya curug lembah pelangi. Penampakan pelangi tersebut merupakan daya tarik utama buat saya, cuma sayang pada saat berkunjung kesana kondisi langit sedang mendung.

Curug jatake sangat saya rekomendasikan buat anda yang gemar foto-foto alam atau sekedar membuat video, karena karakteristik dan lokasi curug jatake sangat eksotis bagi saya. Namun tidak disarankan untuk berenang atau bermain air, karena saya jamin anda akan gatal-gatal.


Bagi anda yang penasaran ingin berkunjung, lokasinya sangat mudah dan cukup dekat. Apabila belum hapal, cari patokan sebagai berikut, pertama terminal bubulak (tanyakan rute ke arah leuwiliang), dalam perjalanan ke arah leuwiliang nanti anda akan melewati IPB Dramaga, dari IPB Dramaga ke lokasi, normalnya sekitar 30-45 menit apabila jalanan lancar/tidak macet. Setelah IPB Dramaga, nanti anda akan melewati Kecamatan Ciampea lalu pertigaan Cikampak dan ada dua pom bensin yang dilalui, ketika tiba di pom bensin kedua (pom bensin leuweung kolot) anda bisa bertanya ke masyarakat sekitar, Gardu Cherry (Gardu Seri), dari gardu seri ke lokasi sekitar 1 km dan kondisi jalan sudah aspal.

32 comments:

  1. Blm pernah ke curug ini, kalo pakai kendaraan umum agak susah ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk menuju ke gardu cherry (seri) nya sih banyak angkutan umum, 24 jam malah. Tapi dari gardu seri ke lokasi curug nya, gak ada angkutan umum kayak angkot, paling ojek pangkalan.

      Delete
  2. Bagus bgt ya gan objek wisata nyaa, nextime harus kesana nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan dicoba kesini, tempatnya eksotis kok :D

      Delete
  3. JAuh.bngt gan...
    Dri riau brapa jam yaah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. 4 jam bisa :D, naik pesawat trs ke bogor, hihihi....

      Delete
  4. Curug nya bagus ,jadi pengen ke sana tapi sayang jauh 😔

    ReplyDelete
    Replies
    1. smg suatu saat bs ke bogor gan :)

      Delete
  5. keren besok main kesitu dulu :)

    ReplyDelete
  6. Wisata ini sangatlah indah gan... Pgn kesana suatu hari

    ReplyDelete
  7. Wihhh dari gambarnya aja udah keliatan indah bgtt

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, indah buat objek foto, eksotis air terjunnya :D

      Delete
  8. njir keren gt tempatnya angkat carrir kita mulai jelajah

    ReplyDelete
  9. indahnya pemandangan curug jatake

    ReplyDelete
  10. Mantap nih gan bisa jadi referensi buat ngetrip

    ReplyDelete
  11. wahh kebetulan jugaa nihh tempat anee dibogor jugaa heheh
    kapan-kapan kesanaa ahh
    nicee info min

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia gan mumpung deket, silahkan dicoba.

      Delete
  12. memang air terjunnya sangat indah tapi sayang banyak sampah yang berserakan dan bau yang tidak sedap coba kalau dirawat mungkin bisa jadi objek wisata yang menguntungkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, akan sgt menguntungkan buat masyarakat sekitar kalo dirawat.

      Delete
  13. jadi pengen ke Curug jatake kalo ada waktu liburan tapi sayang banget ya kalo banyak yang buang sampah gitu suasana yang bagus jadi rada rusak semoga cepet bersih lagi deh supaya pemandangannya makin indah.

    ReplyDelete
  14. Itu biaya masuknya bayar berapa kalau pas hari libur gan ?

    ReplyDelete
  15. biaya masuknya berapa ya gan? kayanya ane tau tuh tempatnya..

    ReplyDelete
  16. Jujur gan ane paling takut ama air terjun , trauma pernah dilibas banjir yg datang secara tiba tiba hehe

    ReplyDelete
  17. Sepertinya asik dech kesitu, bdw harga masuk dan makanan disana gimana gan? murah2 atau mahal atau masih terjangkau buat anak kuliahan?

    ReplyDelete

|Mohon Diperhatikan Rulenya|

Dimohon agar tidak menyertakan link pada isian komentar yang rekan sekalian tulis, karena akan dianggap spam & dengan berat hati saya hapus. Sudah disediakan pilihan identitas name/url untuk menuju ke blog anda, mohon gunakan sebaik mungkin :)

Powered by Blogger.