Mengintip Latihan TIMNAS U-19, Pertemuan Singkat Dengan Hanis Sagara Putra

Saddil Ramdani & Sagara Putra Selesai Latihan. Doc Pribadi.
Pagi itu di Lembang, sinar mentari mulai terik menyinari seluruh area lapangan Football Plus Arena, tempat dimana TIMNAS U-19 berlatih. Coach Indra Sjafri menyudahi latihan sekitar pukul 08:00 WIB. Disela-sela saya memotret pemain timnas yang lalu lalang hendak menuju bus, tiba-tiba ada yang menyapa saya, “Hei Bang, sampai dari kapan?”. Saya sedikit terkejut, yang memanggil ternyata Hanis Sagara Putra, satu dari dua striker yang dimiliki TIMNAS U-19 saat ini. Sagara sangat membantu mewujudkan tujuan saya datang ke Bandung, yang pertama, saya ingin merekam momen TIMNAS U-19 latihan dan yang kedua meminta tanda tangan para pemain di jersey timnas yang saya bawa.

Sedikit profil Sagara yang saya ketahui, Hanis Sagara Putra lahir di Bojonegoro, 08 September 1999, bakat olahraga Sagara sudah timbul dari kecil, masuk ke jenjang pendidikan, berbagai prestasi olahraga pernah Sagara ukir bagi sekolah nya. Sagara juga menimba ilmu di SSB IM (Indonesia Muda) Bojonegoro, dengan kegigihannya, Sagara mendapatkan kesempatan mengikuti seleksi TIMNAS Junior arahan Indra Sjafri, dari lima orang yang dipanggil ikut seleksi, Sagara menjadi satu-satunya yang terpilih mewakili Bojonegoro. Selanjutnya Sagara kembali terpilih untuk mewakili Jawa Timur ke Jakarta, kali ini bersama Feby Eka dan Rachmat Irianto. Seperti yang kita ketahui, ketiga orang tersebut hingga kini masih bermain untuk TIMNAS U-19 yang akan berlaga di Korea Selatan nanti.

Hanis Sagara Putra merupakan sosok yang santun, ditengah popularitasnya yang sedang melonjak bersama teman-teman TIMNAS U-19, Sagara tidak terkena efek “star syndrome”, Sagara menyalami saya sambil sedikit membungkukan badannya menandakan hormat kepada seseorang yang lebih tua. Sagara adalah sosok remaja berprestasi yang tetap membumi. Setelah kami berbincang singkat, Sagara pamit menuju bus untuk kembali ke penginapan.

Candid Momen. Doc Pribadi.
Agenda timnas hari itu cukup longgar, latihan hanya dilakukan pagi, ada waktu bebas bagi pemain untuk menghabiskan waktu diluar sampai makan siang tiba. Sebagian besar para pemain pergi refreshing ke kota Bandung, dan sisanya lebih memilih beristirahat di penginapan, salah satu pemain yang memilih beristirahat adalah Sagara. Saya menghubungi Sagara untuk bertemu siang nanti, yakni setelah saya kembali dari alun-alun Bandung untuk mengambil jersey TIMNAS Indonesia. Singkat cerita, jersey TIMNAS yang rencananya akan saya minta ditanda tangani para pemain tertinggal di rumah, saya menghubungi beberapa kolektor sekaligus penjual jersey original di Bandung, dan Alhamdulillah jersey TIMNAS sudah ditangan siang itu.

Pada mulanya sambil sedikit berkelakar, saya mengajukan diri bertemu di kamar Sagara dan kawan-kawan, namun saya sendiri ragu akan diizinkan oleh tim offisial timnas. Dengan berbesar hati, Sagara sendiri yang menghampiri ke kamar saya, “ya udah bang, saya ke kamar mandi dulu, saya habis itu kesitu, terus langsung mau terapi ya”, isi pesan Sagara ke saya di whatsapp siang itu.

Sepuluh menit berselang pintu kamar diketuk, yang ditunggu akhirnya datang juga. Saya sedikit khawatir Sagara akan dilarang masuk ke kamar saya oleh offisial TIMNAS, karena posisi kamar saya persis disebelah kamar tim dokter dan fisioterapis. Tapi Alhamdulillah tidak ada masalah. Saya langsung menyodorkan Jersey Timnas dan spidol yang tergeletak dikasur, “loh baru satu bang?”, celetuk Sagara yang melihat jersey saya baru ditandatangai M Rafli. “Ia Gar, teman-teman Sagara yang lain kan biasa lewat depan kamar saya, nanti coba saya cegat lah satu-satu”, jawab saya sambil sedikit tertawa.

Ricardo Izecson dos Santos Leite alias Kaka adalah inspirasi sekaligus idola bagi Sagara. Hanis Sagara Putra sepertinya cukup terinspirasi dengan gaya bermain Kaka, soalnya jika saya perhatikan beberapa gesture bermain Sagara mirip dengan Kaka. Untuk ukuran striker saya rasa Sagara harus sedikit menambah bobot badan, soalnya Sagara masih agak kurus bagi saya. Tapi sebagai seorang striker, Sagara punya kelebihan yang patut diacungi jempol, Sagara tau dimana posisi yang bagus untuk mencetak gol, dan instingnya tau kemana rekan-rekannya akan mengumpan bola. Terlihat jelas dari beberapa gol yang pernah ditorehkan Sagara saat AFF, dan saat latihan pun saya melihatnya seperti itu, Sagara kerap mencetak gol hasil dari umpan kerjasama tim. He has the ability to be in the right place at the right time.

Selfie Selepas Berbincang. Doc Pribadi.
Pertemuan singkat dengan Hanis Sagara siang itu ditutup dengan sedikit rekaman untuk intro di video saya nanti dan tak lupa mengabadikan moment tersebut dengan berselfie. Besar harapan saya Sagara dan striker muda lokal lainnya berlatih lebih giat dan segera menemukan klub kasta tertinggi agar jam terbang dan kemampuannya semakin terasah, sehingga stok striker lokal untuk masa mendatang tidak akan pernah habis. Dari 200 juta lebih penduduk Indonesia saya yakin banyak sekali yang berbakat menjadi pemain sepakbola Indonesia, memang tidak ada yang salah import dari pemain keturunan (dibaca : naturalisasi) tapi kenapa tidak dengan memanfaatkan potensi pemain lokal?, tinggal bagaimana Indonesia serius membangun sepakbola yang maju dan membina pemain muda berbakat sebaik mungkin.

Selamat berjuang untuk TIMNAS U-19 di Kualifikasi Pra Piala Asia dan putaran final nanti. Jadikan setiap pujian dari pendukung sebagai motivasi bukan sebagai kelemahan. Satu hal yang membuat saya bangga menjadi bangsa Indonesia adalah karena olahraga. Haru biru perjuangan para atlet bangsa yang mengharumkan Indonesia akan saya apresiasi setinggi-tingginya dalam benak saya. Bravo Garuda Nusantara.

1 comment:

  1. Mantap Timnas U-19 bisa bantai lawannya, semoga jadi juara 1 Marine Engineeering

    ReplyDelete

|Mohon Diperhatikan Rulenya|

Dimohon agar tidak menyertakan link pada isian komentar yang rekan sekalian tulis, karena akan dianggap spam & dengan berat hati saya hapus. Sudah disediakan pilihan identitas name/url untuk menuju ke blog anda, mohon gunakan sebaik mungkin :)

Powered by Blogger.